Komputer Dan Jaringan Dasar

Mat.4 Alat Instalasi Jaringan

Praktikum:

untuk membuat jaringan kabel LAN, alat & bahan yang diperlukan sebagai berikut:

A. Komputer

untuk membuat jaringan diperlukan komputer sebagai pengirim dan penerima dalam jaringan LAN (Client & Server)

B. Kabel UTP

untuk melakukan transmisi data diperlukan kabel jaringan seperti UTP, STP, Coaxsial, atau fiber OPTIC (pada materi sebelumnya)

C. konektor RJ-45

konektor RJ-45 adalah Konektor RJ-45 (Registered Jack 45) adalah kabel Ethernet yang biasa digunakan dalam topologi jaringan komputer LAN maupun jaringan komputer tipe lainnya. Konektor RJ-45 ini memiliki konfigurasi tiga macam, sesuai dengan perangkat yang ingin dihubungkannya menggunakan kabel UTP 5 E.

digunakan untuk menghubungkan antara jaringan LAN dengan port NIC (Network Interface Card) pada komputer.

D. LAN Card/Modem

LAN Card (Kartu Jaringan) adalah adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Modem adalah singkatan dari modulator-demodulator yaitu alat yang digunakan untuk menghantar dan menerima data dari sebuah PC ke PC lainnya melalui kabel telephone.

E. Tang Krimping

Tang krimping digunakan untuk menjepit/menghubungkan kabel UTP ke konektor RJ-45

Materi yang Lain  Mat.6 Setting IP Address

F. HUB

Hub adalah komponen jaringan komputer yang memiliki colokan (port-port), jumlah portnya ini mulai dari 8,16, 24, sampai 32 port. Pada umunya hub digunakan untuk menyatukan kabel-kabel network dari tiap workstation, server atau perangkat lainnya. Dengan kata lain Hub sama halnya seperti sebuah jembatan yang dapat menghubungkan beberapa kota atau provinsi.

G. SWITCH

SWITCh hampir sama dengan HUB, bedanya switch lebih pintar dalam memilih data yang masuk. switch juga memiliki kecepatan timbal balik dari server ke client dan sebaliknya. biasanya switch digunakan untuk menghubungkan beberapa HUB agar menjadi jaringan yang lebih besar.

H. Repeater

berfungsi untuk menguatkan sinyal. jaringan yang diterima oleh repeater akan dikuatkan sama persis dengan jaringan yang diterimanya dari LAN pertama

I. Router

Router berfungsi sebagai penyaring data yang masuk kedalam jaringan. namun router juga berfungsi seperti HUB dan Switch yakni dapat menghubungkan beberapa port LAN kedalam jaringan.

J. Tester

tester berfungsi sebagai pengecek kondisi kabel jaringan LAN.

K. Obeng

fungi obeng untuk membuka mur/baut pada casing komputer jika diperlukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *