Komputer Dan Jaringan Dasar

Mat.2 Pemodelan OSI & TCP/IP Layer

A. OSI

OSI adalah singkatan dari Open Sytem Interconnection yang berarti standar komunikasi yang diterapkan di dalam jaringan komputer. standar inilah yang menyebabkan semua alat komunikasi dapat digunakan dalam jaringan.

sebelum OSI digunakan, perangkat komunikasi dari merk dan vendor berbeda tidak dapat saling berhubungan. alat-alat komunikasi yang diciptakan oleh IBM tidak dapat terhubung ke jaringan vendor lain. dikarenakan susahnya atau tidak bisanya alat komunikasi berbeda vendor saling berhubungan itulah dibentuknya OSI.

Tujuan pembuatan OSI adalah untuk membantu para desainer jaringan memahami setiap fungsi layer yang berhubungan dengan aliran komunikasi data. seperti protocal jaringan dan transmisi data.

Lapisan-lapisan OSI beserta fungsinya:

  1. Application = memberikan layanan jaringan, seperti Email, HTTP, FTP, Telnet
  2. Presentation = mengatasi perbedaan format data, enkrispi, data dan kompresi. seperti : JPG, BMP, PNG, GIF, MOV, ZIP, RAR, MP3, MKV dll
  3. Session = untuk mengontrol komunikasi antar aplikasi, membangung, memeliharan, dan mengakhiri sesi antar aplikasi, contoh : SNMP, ICMP
  4. transport = Untuk tranfer data yang handal, bertanggung jawab atas keutuhan data dalam proses transmisi data. contoh ; TCP, UDP
  5. Network = pemberian alamat pada jaringan pencarian jalur terbaik, contoh: Router, IP Address
  6. Data Link = Mengontrol phyical layer, error control dan flow control. contoh: sitch, NIC
  7. Physical = mentransmisikan data dalam bentuk biner melalui media fisik. contoh : kabel, konektor, HUB
Materi yang Lain  Mat.1 Jaringan Komputer Fundamental

model OSI disederhanakan menjadi TCP/IP (Transmision Control Protocol/Internet Protocol) yang dikembangkan oleh DARPA (Defense Advance Research Project Ageny).

B. TCP/IP

Transmision Control Protocol/Internet Protocol adalah suatu set aturan standar komunikasi data yang digunakan dalam proses transfer data dari satu komputer ke komputer lain di jairngan komputer tanpa melihat perbedaan jenis hardware.

Protocol TCP/IP terbentuk dari 2 komponen yaitu transmision control protocol dan internet protocol. dikembangkan oleh DARPA oleh departemen pertahanan amerika pada tahun 1969

TCP/IP merupakan prokol standar untuk menghubungkan komputer-komputer dan jaringan untuk membentuk jaringan luas (WAN). alamat TCP/IP memiliki nilai biner berukuran 32bit yang diberikan ke setiap host pada jaringan.

lapisan TCP/IP & fungsinya:

  1. application = untuk memberikan service kepada pegguna jaringan contoh : Telnet, FTP, HTTP, SNMP
  2. Transport = untuk melakukan komunikasi antar komputer dan mengirimkan paket data, contoh : TCP dan UDP
  3. Internet = mencari jalur terbaik untuk pengiriman data
  4. network access = untuk mengirim dan menerima dari dan ke media fisik. network access adalah layer terbawah dari TCP IP.

Perbedaan OSI dan TCP/IP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *